World Environment Day 2020

0
513
views

Hari ini Tanggal 5 Juni, Hari Lingkungan Hidup Sedunia dirayakan setiap tahunnya. Ini menjadi agenda utama PBB untuk mendorong kesadaran dan tindakan kita untuk melindungi lingkungan, lebih dari 143 negara berpartisipasi disetiap tahunnya. Sejak Pertama kali diselenggarakan pada tahun 1974, kampanye besar telah dilakukan untuk menyoroti masalah lingkungan mulai dari polusi, pertumbuhan Penduduk, meningkatkan kesadaran tentang pemanasan global, konsumsi yg berkelanjutan dan kejahatan terhadap satwa liar.

Kontribusi STTL Mataram dalam melestarikan Lingkungan

Dalam Perannya menjaga Pelestarian Lingkungan STTL Mataram melibatkan secara langsung mahasiswa untuk menangani pencemaran lingkungan, pesatnya perkembangan kota berdampak pada meningkatnya produksi Limbah yang salah satunya dihasilkan oleh Limbah pemukiman (rumah tangga) limbah yg dihasilkan ini sedikit banyak akan mencemari air ataupun tanah yang memberikan dampak dan akibat yang buruk dan merugikan manusia itu sendiri.

Pengambilan Sample Air
Pengujian Sample Air

Selain Limbah Cair Limbah pemukiman juga menyumbang limbah domestik berupa sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan atau dibusukkan oleh bakteri seperti sisa sayuran, buah-buahan, dan daun-daunan. Sedangkan sampah anorganik seperti plastik, gelas atau kaca, kain, logam, karet, dan kulit. Sampah anorganik ini tidak dapat diuraikan oleh bakteri. Khusus untuk sampah Organik STTL Mataram mengaplikasikan Ilmu pengetahuan dalam bentuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata, kegiatan ini di laksanakan di desa binaan STTL Mataram, mahasiswa KKN yg didampingi oleh dosen pembimbing serta berkolaborasi dengan masyarakat berhasil membuat pupuk kompos yg ramah lingkungan.

Komposter , media pengolahan limbah menjadi pupuk Kompos
Headline Lombok Post

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk membantu memerangi masalah lingkungan seperti halnya mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Ini saatnya kita semua harus bersama-sama maju demi perbaikan lingkungan. Bersama-sama kita dapat berkontribusi untuk menjadikan planet ini tempat yang lebih baik untuk hidup..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here