HASIL SURVEY

TINGKAT KEPUASAN LAYANAN PENGELOLAAN KEUANGAN, SARANA DAN PRASARANA

A. Pengantar
Mutu layanan dapat dijadikan sebagai salah satu strategi lembaga untuk menciptakan kepuasan bagi pengguna layanan. Definisi mutu layanan berpusat dalam upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketepatan penyampainya untuk mengimbangi harapan yang diinginkan oleh pelanggan. Mutu pelayanan dapat diketahui dengan cara membandingkan harapan/kepentingan pelanggan atas layanan yang ideal dengan layanan yang benar-benar mereka terima. Apabila jasa pelayanan yang diterima atau dirasakan sesuai dengan yang diharapkan maka mutu pelayanan yang dipersepsikan baik dan memuaskan sedangkan jika melampaui harapan pelanggan maka mutu pelayanan dipersepsikan sebagai mutu yang ideal. Sebaliknya jika pelayanan yang diterima lebih rendah daripada yang diharapkan, maka mutu pelayanan dipersepsikan buruk. Dengan demikian baik tidaknya kualitas jasa tergantung pada kemampuan penyedia jasa dalam memenuhi harapan/kepentingan pelanggannya secara konsisten.
Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Mataram, dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima untuk menjamin kepuasan pelanggannya dalam segala aspek layanan dengan segala sarana dan prasarana yang lengkap serta mumpuni. STTL Mataram memiliki pelanggan internal seperti dosen dan tenaga kependidikan. Untuk mendapatkan gambaran tentang mutu layanan terhadap dosen dan tenaga kependidikan, perlu dilakukan survey. Tujuan survey ini adalah untuk mengukur kualitas layanan kampus dari sudut pandang dosen dan tenaga kependidikan.

B. Tujuan
Melalui survey ini diharapkan diperoleh tanggapan dari dosen dan tenaga kependidikan terhadap kinerja layanan yang ada di lingkungan STTL Mataram.

C. Responden
Responden yang memberikan respon terhadap kuesioner tentang kepuasan terhadap layanan di lingkungan STTL Mataram adalah mahasiswa dosen, dan tenaga kependidikan.

D. Ruang Lingkup
Ruang lingkup informasi yang diperoleh tanggapannnya dari responden meliputi empat aspek, yaitu: aspek pengukuran kepuasan pengelolaan keuangan dan pengukuran kepuasan sarana prasarana..

E. Pelaksanaan dan Teknik Survey
1. Pelaksanaan
Survey dilakukan dalam durasi waktu dari bulan Januari – Agustus terhadap civitas akademik STTL Mataram dalam periode satu tahun, yakni pada tahun 2021. Survey dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui link survei.
a. Tahap Persiapan
1) Membentuk tim survey (tim studi pelacakan)
2) Menyusun instrumen/kuesioner
3) Mempersiapkan surat tugas dari pimpinan serta instrumen/kuesioner.
b. Tahap Pelaksanaan
1) Melakukan koordinasi dengan tim survey
2) Menetapkan responden sampel survey secara acak
3) Menyebarkan kuesioner kepada responden.
4) Melakukan pengumpulan respons dari para responden
5) Mengolah dan menganalisis data.
c. Tahap Pelaporan
Pelaporan dilakukan setelah kuesioner terisi dan dikirimkan kembali secara daring dan disusun laporan dalam bentuk hasil pengolahan data dan gambaran diagram perolehan respon, dilengkapi interpretasi terhadap hasil pengolahan data pada masing-masing aspek pernyataan. Laporan disampaikan kepada pimpinan Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Mataram.

2. Teknik Survey
Bentuk instrumen berupa kuesioner tertutup dengan pilihan respon untuk masing- masing pernyataan dengan skala sangat baik, baik, cukup, dan kurang.

F. Instrumen Pengukuran dan nilai Skor
Instrumen pengukuran berupa kuesioner meliputi aspek layanan pengelolaan keuangan sarana dan prasarana. Pertanyaan yang diminta untuk direspon dengan cara dichecklist pada kolom: Sangat Baik, Baik, Cukup, dan Kurang. Skor untuk masing- masing aspek ditetapkan dengan skor: Sangat Baik mendapat skor 4, Baik mendapat skor 3, Cukup mendapat skor 2, dan Kurang mendapat skor 1.

HASIL PENGOLAHAN DATA SURVEY

Pada bagian ini, diuraikan persepsi dosen dan tendik terhadap aspek-aspek petanyaan yang diajukan dalam kuesioner terkait dengan kepuasan terhadap layanan di lingkungan Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Mataram.

A. Aspek pengukuran kepuasan pengelolaan keuangan
Grafik pie berikut merupakan rata-rata dari seluruh jawaban dari pertanyaan- pertanyaan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Hasilnya menunjukkan bahwa responden merasa puas dengan pengelolaan keuangan di STTL Mataram.

B. Aspek Pengelolaan Sarana dan Prasarana
Grafik pie berikut merupakan rata-rata dari seluruh jawaban dari pertanyaan- pertanyaan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Hasilnya menunjukkan bahwa responden merasa puas dengan pengelolaan keuangan di STTL Mataram.

B. Kesimpulan
Temuan survey menggambarkan bahwa layanan pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana yang diselenggarakan di STTL Mataram termasuk dalam katagori berkualitas, dilihat dari persepsi 150 responden berkenaan dengan dua aspek, yaitu aspek pengelolaan keuangan dan aspek pengelolaan sarana dan prasarana, dipersepsi oleh pengguna berada pada kategori sangat baik dan baik.
Hasil survey ini menunjukkan bahwa mutu layanan Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Mataram dalam upaya memberikan layanan pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana bagi para civitas akademik, sehingga mereka puas dengan layanan pengelolaan yang ada. Dengan demikian, menjadi pendorong bagi STTL Mataram untuk terus memberikan layanan yang lebih baik lagi di kemudian hari. Walaupun ada beberapa responden masih memberi penilaian kurang.
Semoga pada laporan mendatang memberikan informasi atau gambaran yang lebih baik tentang kepuasan dosen, tenaga pendidik dan karyawan, terutama pada aspek yang mendapat persepsi kurang. Sehingga tingkat kepuasan pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana bagi civitas akademi meningkat.

B. Saran Tidak lanjut

a) Aspek pengelolaan keuangan : perencanaan dan transparansi keuangan perlu ditingkatkan lagi
b) Aspek pengelolaan sarana dan prasarana: perlunya penambahan ketersediaan sarana Kesehatan dan fasilitas parkiran.